BEDA “LES GAMBAR- LUKIS ONLINE “ dengan  “BELAJAR GAMBAR-LUKIS ONLINE”
Mengingat kondisi saat ini, demi mencegah penularan virus covid 19 atau corona, masyarakat dihimbau untuk sedapat mungkin tinggal di dalam rumah  jika tidak ada keperluan yang sangat-sangat mendesak.
Berkegiatan senirupa/ menggambar-melukis bisa menjadi alternatif bagi bapak-ibu atau putra-putri nya dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat daripada nonton TV dan main gadget melulu.
Tentu menggambar-melukis juga dilakukan dirumah dengan bimbingan guru secara online. Nah sering kali anak sudah belajar lihat sendiri dari media yang ungguh, tetapi belum ada kemajuan.
Pasti ada perbedaan antara “LES GAMBAR- LUKIS ONLINE “dengan “Belajar Gambar-Lukis  Online”.
les gambar online 2-3
les lukis online 5-3
les gambar online 2-6
les lukis online 5-7
les gambar online 2-1
les lukis online 5-1
les lukis online 6-8
Les gambar-lukis online dilakukan oleh anak (didampingi ataupun tidak didampingi ortu) :
*  Ada program dan Modul terarah, anak dapat mencontoh dari modul. Guru juga memberi demo di white board maupun videonya. Selama proses dan hasil karya ada feed back dari guru, anak  dapat bertanya jika belum tahu / belum bisa .
* Anak juga diberi kebebasan interpretasi membuat suatu karya dengan diberi tema, dan tentunya petunjuk cara mengerjakan object yang ditentukan oleh anak sendiri
* Ada saatnya Free Drawing : imajinasi murni atau mengambil ide dari image/picture yang ingin dikerjakan.
*  Anak dapat berkonsultasi kepada guru jika ingin mengerjakan tantangan/ object yg sulit atau object yang belum pernah dibuat.
Hal ini untuk membangun percaya diri, dikala anak ingin menghasilkan karya yang belum pernah dikerjakan.
Karena akibat jika tidak berhasil:  ada anak yang pantang menyerah dan masih mau mencoba ulang-ulang  sampai berhasil.
Tetapi ada anak yang menyerah/ merasa gagal dan yang terburuk undur dari dunia senirupa, padahal sebetulnya anak tsb hanya butuh bimbingan sejenak dari guru.
* Les membentuk disiplin waktu yaitu hari dan jam tertentu pasti mengerjakan / berlatih senirupa.
les lukis online 6-3
les lukis online 6-5
les lukis online 6-4
les lukis online 6-7
Belajar gambar-lukis online dilakukan oleh anak  (didampingi ataupun tidak didampingi orang tua):
* Anak hanya melihat dari contoh media yang diakses dan dia mengkopi apa yang dilihat atau merekam dalam ingatannya sendiri cara menggambar/melukis seperti apa dan mencoba meniru-melakukannya.
* Tidak ada guru yang memberitahu apakah yang dilakukan sudah benar  atau untuk berkonsultasi tentang hasil karyanya untuk peningkatan/ perbaikan di karya-karya berikutnya
*  Waktu belajar tidak akan teratur, karena belajar sendiri sekehendak hati (coba tanyakan kepada ibu-ibu yang mendampingi putra –putrinya)
Disiplin waktu belajar menggambar-melukis adalah salah satu kunci keberhasilan anak. Coba bandingkan dengan olahragawan, musisi (belajar musik), atau belajar bahasa asing – semuanya serentak akan menjawab “bahwa berlatih secara teratur adalah jawaban kesuksesan”.
Demikianlah ulasan kami berdasarkan pengamatan penulis .                                                                              Salam Art Khatulistiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
error: Content is protected !!