BEDA LUKISAN DENGAN BAHAN KERTAS DAN LUKISAN DENGAN BAHAN KANVAS

(PAPER  VS  CANVAS)

Pembahasan oleh ART KHATULISTIWA-Jual lukisan Surabaya.

   Banyak pendapat / asumsi masyarakat, baik awam maupun penikmat Seni Rupa yang mempunyai anggapan bahwa  lukisan yang dituangkan diatas Bahan Kanvas mempunyai kualitas lebih baik daripada diatas Kertas. Hal ini diperparah dengan adanya pendapat bahwa lukisan diatas Kanvas lebih bernilai harganya / lebih mahal daripada diatas Kertas.

   Mungkin pendapat ini masih berlaku di lingkungan tempat tinggal kita, tetapi di luar negeri terutama Eropa dan Amerika, lukisan diatas kertas mempunyai nilai yang sama dengan lukisan diatas kanvas.

   Sebenarnya Bahan Kanvas atau Bahan Kertas masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

  1. Mengenai Usia/Tahan Lama

       Bahan Kertas juga bisa tahan lama bahkan ratusan tahun (simak artikel di majalah NOW SINGAPORE terbitan Oktober-November 2015, tentang lukisan Raden Saleh diatas KERTAS berusia lebih dari 170 tahun) https://artkhatulistiwa.com/description/

       Bahan Kanvas adalah bahan kain yang juga bisa lapuk dan berjamur.

Semua tergantung dari bagaimana perlakuan / perawatan kita terhadap barang seni tersebut.

Tergantung juga bagaimana lokasi pemajangan dan penyimpanannya.

  • Apakah udara dalam ruangan tempat lukisan berada kering atau lembab.

  • Apakah ruangan tidak kotor, berdebu atau lukisan menjadi sarang laba-laba / serangga.

  • Apakah dinding tempat menggantung lukisan tidak lembab / berair atau lukisan pernah terendam banjir, atau tembok basah karena resapan aliran air AC yang bocor, dsb.

  • Apakah ruang tempat lukisan ada cahaya matahari / tidak gelap gulita, tetapi tidak terkena sinar secara langsung menyorot ke lukisan (non direct sun light )

  • Apakah lukisan sudah diproteksi / divarnish. Dan apakah varnish / pelapis lukisan adalah standar museum ( museum grade yang tidak menguning)

  •  Apakah lukisan dibersihkan secara periodik misal setengah tahun sekali dengan alat kemucing khusus dan kering.

 2.Mengenai luas bidang lukisan

Adanya pendapat bahwa lukisan yang semakin besar maka semakin mahal harganya. Bahan Kanvas lebih mewakili untuk lukisan yang besar daripada bahan kertas.

Sesungguhnya Bahan Kertas dapat juga berukuran luas seperti kanvas, yaitu dalam bentuk roll. Ukuran kertas roll bervariasi ada yang bisa mencapai lebar 2 meter x panjang 10 meter

3. Mengenai ketebalan.

Bahan kertas lembek / tidak kaku maka tidak bisa bagus penampilannya. Padahal bahan kanvas juga lembek dan harus di streching di span ram/bingkai,

Kertas memiliki ketebalan yang berbeda beda, dalam bahasan kali ini kami batasi adalah kertas cat air (watercolor). Ada yang 180 gr/m2 ada yang 200 gr/m2, 220 gr/m2, dan yang paling umum 300 gr/m2 dan 640 gr/ m2.

Jika melukis dikertas imperial ukuran standar 56 x76 cm sebaiknya ketebalan 640 gr/m2. Dijamin deh pasti tidak lembek, bahkan untuk menggulungnya saja sulit.

Sayangnya kertas setebal 640 gr/m2 seperti itu harganya juga tidak murah bisa mencapai Rp.200 rb perlembar ukuran imperial 56x76cm.

Oleh karena itu untuk mendapatkan bahan kertas setebal itu juga sulit.

4. Mengenai Texture

Bahan kanvas memiliki tekstur yang menonjol-menonjol seperti ‘dots’ khas kanvas, sedangkan bahan kertas tidak ada/halus. Sesungguhnya hal itu tidak benar justru bahan kertas dalam hal ini kertas cat air memiliki berbagai macam texture yang menarik.

Secara umum dibagi 3 texture / permukaan kertas cat air :

1. Hot press adalah yang paling halus dan paling sulit penggunaannya tetapi paling bagus untuk lukisan yang banyak detail seperti garis-garis tipis dan objek kecil-kecil.

jual lukisan surabaya citraland 1003lukisan ini menggunakan kertas HOT PRESS https://artkhatulistiwa.com/paintings/title-citraland-2-surabaya-indonesia/

2. Cold Presss adalah texture sedang dan merupakan favorite pelukis terutama pelukis pemula karena paling mudah penggunaanya.

3. Rough adalah texture kasar dan paling disukai oleh pelukis pemandangan.

jual lukisan surabayaCropping sepenggal lukisan dengan bahan KERTAS ROUGH, texturnya sangat indah. untuk lukisan seutuhnya silahkan klik
https://artkhatulistiwa.com/paintings/title-gili-lombok-indonesia-2/

5. Mengenai keharusan pemasangan kaca pada pigora untuk lukisan bahan kertas.

Sesungguhnya hal itu tidak benar bahwa Lukisan bahan kertas harus di beri kaca pada saat pemajangan dengan pigora.

Hal itu wajib dilakukan jika lukisan tidak dilapisi atau diproteksi dengan varnish/wax, demi keawetaan lukisan. Tetapi jika lukisan sudah diproteksi dan divarnish maka bisa ditempel di board yang tebal / tidak melengkung dan langsung bisa dipajang di ruangan. Atau tetap dengan pigora tanpa kaca supaya saat menyaksikan lukisan tidak ada pantulan cahaya dari kaca.

Demikian pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.

   Silahkan bagi penikmat seni, kunjungi website kami di www.artkhatulistiwa.com untuk membaca artikel, dan jual lukisan kami tampilkan di katalog lukisan online dalam website tersebut.

Beli lukisan ini di : ART KHATULISTIWA – jual lukisan Surabaya – online galeri lukisan (untuk menelusuri map/peta lokasi kami)

Lukisan dilukis oleh Widya MaBeiFang, pelukis asal Surabaya.

* Jual lukisan tema : pemandangan alam Indonesia, bunga, kuda, KOI, Still Life, Kota/Urban, Kapal, dll

* Terima workshop, kolaborasi, pesanan lukisan, ilustrasi, lukis wajah, lukis kain

* Follow Instagram @artkhatulistiwa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
error: Content is protected !!